Resensi buku : Seri Petualangan Fatih

Spread the love

Judul Buku: Seri Petualangan Fatih “Menemukan Keimanan Yang Kokoh”
Penulis : El Fitrianty
Penerbit : PT. Obor Smartmedia Global
Tahun terbit : 2019
Halaman : 260 Halaman
ISBN : 978-602-524-361-5
Genre: Fiksi
Peresensi : Intan H.A

Muslimahtimes – Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW telah bersabda:
“Tidaklah setiap anak yang lahir kecuali dilahirkan dalam keadaan fitrah. Maka kedua orangtuanyalah yang akan menjadikannya sebagai Yahudi, Nasrani, atau Majusi. Seperti hewan melahirkan anaknya yang sempurna, apakah kalian melihat darinya buntung (pada telinga)?”. (HR. Bukhari & Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa orang tua sangat menentukan shaleh-tidaknya anak. Sebab pada asalnya setiap anak berada pada fitrah Islam dan imannya, sampai kemudian datanglah pengaruh-pengaruh luar, termasuk benar-tidaknya orang tua mendidik mereka.

Orangtua memiliki andil yang sangat besar dalam menanamkan akidah pada diri anak-anaknya. Akidah merupakan pondasi yang menjadi sandaran untuk sang anak mengarungi terjalnya medan kehidupan. Menumbuhkan keimanan dalam diri anak haruslah diupayakan oleh orangtua sejak usia dini. Hal tersebut akan menjadi benteng yang melindungi sang anak dari paparan debu sekulerisme yang menghadang dari segala penjuru.

Menanamkan keimanan pada buah hati bisa diupayakan dengan berbagai cara yang sesuai dengan dunia mereka. Entah itu dengan berdiskusi, bercerita, jalan-jalan sambil mengamati alam sekitar, dan sebagainya. Dengan begitu, anak akan sangat mudah menerima pengajaran yang disampaikan oleh orangtuanya dengan bahasa yang mudah mereka cerna. Sehingga, para orangtua dituntut untuk kreatif dalam membimbing si kecil, mengarahkan mereka memahami eksistensi Rabbnya.

Hal tersebut yang menggerakkan mbak El Fitriyanti dan tim, menerbitkan sebuah buku dengan disertai ilustrasi ala dunia anak-anak. Melalui petualangan si Fatih and friend, buah hati bunda diajak untuk mengenal, memahami, dan merenungi betapa indahnya ciptaan dan Maha Kuasanya Allah mengatur seluruh apa yang ada di bumi.

Buku ini memiliki 14 bab diantaranya, naik gunung, ibadah hanya kepada Allah, terlambat sholat berjamaah, sahabat baru, siang dan malam yang sempurna, semesta bertasbih, dan beberapa bab lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Masing-masing setiap bab dari buku ini mengajak anak-anak secara tidak langsung menumbuhkan keimanan dalam diri mereka. Selalu ada hikmah yang bisa dipetik dari petualangan dan keseharian yang dilalui oleh Fatih dan kawan-kawan.

Buku dengan tema, “Menemukan Keimanan yang Kokoh” merupakan seri ketiga dari seri petualangan Fatih. Dua seri sebelumnya mengisahkan tentang, “Meneladani sifat Nabi”. Buku ini sangat recomended untuk dimiliki. Penjabarannya yang santai, gaya bahasa yang mudah dimengerti anak-anak dan ilustrasi yang keren, sangat membantu orangtua mengarahkan buah hati untuk memahami akan adanya Allah sebagai zat yang wajib untuk diibadahi.

Yuk bunda, ajak si kecil untuk lebih mengenal Tuhannya, melalui media yang menarik dan mereka sukai. Dengan demikian, kelak ketika mereka telah tumbuh dewasa, mereka akan memiliki sandaran yang hakiki dalam mengarungi kehidupan.[]

(Visited 21 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *