Amalan Ringan Paling Menakjubkan

Spread the love

Judul Buku: Amalan Ringan Paling Menakjubkan
Penulis: Syekh Ali Jaber
Penerbit: Zikrul Hakim
Tahun terbit: 2021
Cetakan ke: 10
Halaman: 208 Halaman
Genre: non fiksi
Peresensi: Intan H.A

MuslimahTimes.com – Seorang muslim yang memahami akan hakikat hidup di dunia ini bersifat fana, pasti ia akan mengupayakan hidupnya untuk mengumpulkan bekal menuju alam yang kekal, akhirat. Ia tidak akan menyia-nyiakan waktunya, melainkan akan mengisi dengan terus beribadah. Sebab ia memahami akan firman Allah Swt di dalam Al-Qur’an surat adz-dzariyat ayat 56:

“Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah pada-Ku.”

Sejatinya manusia diciptakan oleh Allah untuk menghamba pada-Nya. Menyelaraskan setiap perilakunya di dunia dengan perintah dan juga larangan-Nya. Ketika manusia melakukan yang demikian dan diniatkan untuk mengharapkan rida-Nya, maka segala aktivitas yang dilakukan akan bernilai pahala dan termasuk dalam kategori ibadah. Karena Islam tidak menyempitkan definisi ibadah hanya pada urusan-urusan ibadah mahdah saja.

Sangat penting bagi kita untuk menyempurnakan ibadah, sehingga mampu menghadirkan rahmat Allah di dalam kehidupan. Demikian pula kita tidak boleh menyepelekan amalan keseharian. Karena boleh jadi ibadah yang dilakukan secara konsisten, justru akan menjadi penyebab berlimpahnya pahala.

Rasulullah Saw bersabbda:
“Amalan yang paling dicintai oleh Allah Swt adalah amalan yang berkelanjutan meskipun sedikit.” (HR Muslim).

Selain itu, ada keunggulan-keunggulan lainnya ketika kita melakukan amalan-amalan sunnah di samping melakukan ibadah wajib. Amalan yang bersumber dari Allah dan Rasul-Nya juga bisa mengusir kesulitan-kesulitan hidup. Seperti sedekah bisa menolak bala, istighfar bisa mendatangkan rezeki, silaturahmi mampu memperpanjang umur, dan puasa bisa menjadi perisai.

Alangkah indahnya hari-hari kita di dunia ini bila diisi dengan amalan-amalan sunnah yang mampu menjadi bekal kita untuk meringankan hisab di akhirat kelak. Karena dunia ini adalah perantara yang menyampaikan kita pada kehidupan akhirat.

Sebuah buku yang berjudul “Amalan Ringan Paling Menakjubkan”, yang ditulis seorang syekh kelahiran Madinah dan wafat di Indonesia beberapa waktu yang lalu, syekh Ali Jaber ini memaparkan sejumlah amalan-amalan yang ringan untuk dilakukan, namun nilai pahalanya sangatlah besar di sisi Allah Swt. Amalan-amalan ringan ini pula in syaa Allah dapat menyelesaikan masalah dan persoalan kita.

Diantara amalan-amalan tersebut adalah:
– Amalan yang dapat menyelesaikan berbagai masalah
– Amalan pengusir was-was
– Amalan agar hidup tidak merugi
– Amalan agar hajat cepat terpenuhi
– Amalan dan kiat mencetak anak saleh dan salehah
– Amalan pembebas 99 kesulitan
– Amalan yang menjadi rebutan malaikat
– Amalan agar kita dihargai Allah
– Amalan-amalan utama di hari jumat
– Amalan pembayar syukur
– Dan amalan lainnya

Dengan membaca buku ini, kita terpacu untuk berupaya mengisi sisa umur dengan amalan-amalan sunnah yang mampu mengundang kecintaan Allah pada kita. Sebab, ketika Allah sudah mencintai seorang hamba, maka keberkahan, kemudahan dan kebahagiaan hidup akan meliputi kita.

Rasulullah Saw bersabda:
“Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai dibandingkan amal yang Aku wajibkan kepadanya. Dan tidaklah hamba-Ku terus-menerus mendekatkan diri kepada-Ku dengan amal-amal sunnah, sampai Aku mencintainya. Jika Aku sudah mencintainya, Aku menjadi pendengaran yang dia gunakan untuk mendengar; menjadi penglihatan yang dia gunakan untuk melihat; menjadi tangan yang dia gunakan untuk memegang; dan menjadi kaki yang dia gunakan untuk berjalan. Jika dia meminta kepada-Ku, sungguh akan Aku beri. Jika dia meminta perlindungan kepada-Ku, sungguh akan Aku lindungi. “ (HR. Bukhari no. 6502)

Semoga kita mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dengan mengisinya berupa amalan-amalan yang dapat menolong kita di Yaumil Hisab nanti. Wallahua’lam.[]