Future Dream

Spread the love

Oleh: Zafira Islam Farihaqi Ahd Ruhiyat

Santri Ma’had Madrasah Ummat

MuslimahTimes.com – Setiap manusia pasti memiliki yang namanya planning, karena kita sebagai manusia tidak tahu seperti apa kita ke depan kelak. Dan juga kita sebagai manusia yang masih jauh dari kata sempurna harus bisa memikirkan bagaimana nasib kita di masa depan nanti.

Di umur kita yang sekarang ini adalah umur yang masih memiliki banyak ide jenius, cemerlang, dan juga produktif dibanding umur lainnya. Banyak para generasi yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. Sehingga mereka ataupun kita bisa membuat nama baik agama dan negara sangat harum dan indah untuk didengar.

Namun, banyak juga para remaja atau pemuda yang tidak bisa menemukan jati diri dan masa depan mereka, mereka lebih menghabiskan waktu mereka untuk nongki, mabar atau sejenis lainnya. Problem yang melanda mereka itu entah memang tak ada dukungan dari sang orang tua atau tak ada motivasi dari dalam diri mereka sendiri.

Masa depan harus bisa kita rencanakan dari sekarang agar sudah ada bayangan untuk kita di masa depan. Menggapai sebuah mimpi bukan lah hal yang mudah, namun sebaliknya menggapai mimpi adalah suatu hal yang mungkin bisa dibilang lebih rumit dibanding rumus matematika. Nah, mereka para remaja memiliki pemikiran bahwa menggapai sebuah mimpi yang indah itu sulit dan amat sulit, waktunya yang cukup lama membuat para remaja lebih condong untuk jenuh.

Memang kita hidup di dunia itu tak ada yang instan. Mie instan pun harus kita masak lebih dulu sebelum kita menikmatinya. Sama halnya dengan kita meraih sebuah mimpi, tentu membutuhkan banyak perjuangan dan prosesnya bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Yang menjadi problem remaja zaman kini juga ialah mereka berpikiran bahwa menuntut ilmu bukanlah hal yang penting, jadi ketika ditanya, “Kok gak ambil suatu jurusan dulu” terkadang ada yang menjawab “Capek, 12 tahun dari SD udah belajar mulu” itu jawabannya.

Haiiii Sobat, menuntut ilmu itu tak ada batasnya yah, hukum menuntut ilmu itu sangat-sangat wajib. Tanpa ilmu, kita mungkin akan tersesat dan menuntut ilmu itu bukan hanya di kelas, bahkan tanpa kita sadari di luar kelas pun bisa. Semisal kita sedang berkunjung ke suatu desa, di sana kita melihat bagaimana mereka sangat bekerja keras demi melangsungkan hidup mereka. Nah, di situ sebenarnya kita sedang belajar apa arti perjuangan dan juga rasa bersyukur. Kita bisa mengambil pelajaran dari mereka yang sangat bekerja keras.

Menjadi seseorang yang sukses dalam dunia dan akhirat butuh banyak pengorbanan dan bukan hal yang mudah prosesnya menghabiskan waktu yang cukup banyak. Banyak tips and trik dari mereka yang lebih mendahului kita untuk sukses kunci- kunci kesuksesan yang mereka sharing juga sangat banyak seperti di aplikasi Youtube, Instagram atau yang lainnya.

Kunci Kesuksesan:

~ Mengubah Mindset menjadi Mindset Pejuang. 

Awal kita untuk menggapai sebuah mimpi adalah kita mengubah mindset kita sendiri mengubah mindset kita menjadi seorang pejuang yang akan siap menghadapi segala problem selama kita berusaha menggapai mimpi. Sehingga jika kita sedang merasa lelah, boring kita akan selalu ingat bahwa kita ini pejuang yang tidak pernah boleh menyerah, seberat apapun itu masalahnya.

~ Berani Melangkah

Rasa berani dalam diri ini juga penting, tanpa rasa berani kita mungkin tak akan berusaha dan maju untuk menggapai mimpi. Kita harus berani untuk melangkah, berani untuk mengambil suatu risiko, karena memang kita hidup di dunia itu gak akan selalu berjalan dengan mulus pasti akan ada masa dimana kita mendapatkan suatu problem. Dan risiko dari kita berjuang itu adalah kita merasakan apa itu yang nama nya lelah dan capek, jadi dari awal kita harus sudah siap dan sigap dalam memperjuangkan mimpi kita yang tinggi.

~ Disiplin

Disiplin menjadi salah satu kunci untuk kita menggapai sebuah mimpi, entah disiplin dalam waktu, disiplin terhadap barang atau pun terhadap ilmu.

~ Time Management

Mengatur waktu juga bisa menjadi salah satu kunci untuk kita menggapai sebuah mimpi, tak ada yang peduli dengan waktu selain diri kita sendiri, waktu yang Allah berikan kepada kita dalam seminggu ada 168 jam tapi, hanya untuk menggapai sebuah target yang di bilang cukup mudah, kita perlu memakan waktu lebih dari 168 jam.

Maka dari itu, saran dari aku, kita membuat weekly activity schedule. Kita merencanakan agenda-agenda kita dalam jangka waktu seminggu, seperti di hari senin kita ada meeting, di hari selasa jam sekian kita ada jam belajar dan disetiap 1 jam belajar sebisa mungkin untuk mendapatkan jatah istirahat selama 10 menit, karena otak kita juga organ tubuh yang hidup yang membutuhkan istirahat. Jadi menurut pandangan aku ini adalah cara yang sangat-sangat efektif selain kita bisa mengelola waktu kita sendiri tapi disini juga kita bisa memiliki rasa bertanggung jawab dan disiplin terhadap waktu.

~ Say Not Insecure 

Allah itu adil, semua manusia memiliki kelebihan dan kekurangan tak ada seorang pun yang sempurna, meskipun ia orang paling jenius di muka bumi. Semisal, saya ahli di bidang akademik, namun kekurangan saya adalah dalam bidang sosialitas, atau mungkin ada teman- teman yang ahli di bidang biologi namun merasa kesulitan di bidang matematika, itu pasti selalu ada.

Maka dari itu, kita harus menjauhkan kata insecure, dari pandangan aku insecure bisa menjadi hambatan seseorang untuk melangkah lebih depan dalam menggapai mimpi.

Jauhkan kata Insecure dan lebih self-confident

~ DUIT (Doa Usaha Ikhtiar Tawakkal)

Doa

Senjata untuk menaklukan suatu keberhasilan hanyalah doa. Dengan doa, kita bisa meminta di permudah dalam menuntut ilmu. Memang kita tidak tahu bagaimana nasib masa depan kelak, tapi dengan doa kita bisa mengubah jalan takdir hidup kita.

Usaha

Menggapai suatu keberhasilan sangat impossible jika tidak dibersamai dengan usaha, seberat apa pun usaha tapi itulah perjuangan. Ingat, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil, Sobat.

Tawakal

Sebagai hamba Allah kita wajib untuk tawakkal kepada Allah. Kita serahkan semua tentang masa depan kita hanya kepada Allah, Allah yang akan menentukan jalan paling baik untuk para hambanya yang selalu melibatkan Allah dalam kehidupan nya.

Motivation Letter… 

Semangat Sobat semua dalam menggapai mimpi dan cita- cita. Tak ada yang tak mungkin jika kita ingin mencoba untuk lebih baik ke depannya. Jika malas melandamu, ingatlah bahwa kamu ini adalah seseorang yang sedang memperjuangkan agama Allah dan masa depan yang gemilang. Jika kamu sedang merasa terpuruk atau down, kamu boleh untuk memacut rasa semangat mu dengan cara hal yang paling kamu sukai.

Ingatlah, bahwa kita meraih masa depan bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri namun juga untuk membantu orang lain di sekeliling kita. Kita sama- sama mendoakan untuk keberhasilan bersama.

Semangat selalu dalam menggapai impian-impian yang terukir indah di dinding kamar, bukan hanya mengangan-angan, tapi juga berusaha untuk mewujudkanya. Kamu tidak perlu untuk merasa down, karena kamu berjuang sendiri ada aku yang sama denganmu.

Saya sendiri juga sama dengan kalian yang masih berjuang melawan kebodohan demi masa depan yang gemilang, yakinlah bahwa kebodohan itu pasti akan hilang dalam diri kita, tetap semangat semuanya.

Salam semangat si pejuang masa depan…