Islam Rahmatan Lil Alamin

Spread the love

Judul buku: Islam Rahmatan Lil Alamin
Penulis: Felix Siauw
Penerbit: AlFatih Press
Tahun terbit: September 2016
Tebal buku: 103 halaman
Peresensi: Mentari AF

Muslimahtimes.com – Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada Nabi Muhammad Saw. untuk mengatur hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan dirinya sendiri, dan manusia dengan sesamanya. Islam bukanlah sembarangan agama seperti kebanyakan agama di dunia yang hanya mengatur masalah moral dan keakhiratan. Namun, Islam mengatur masalah ruhiyyah (spiritual) dan masalah siyasiah (politik). Karena itulah, Islam bisa disebut sebagai agama dan mabda’ (ideologi).

Kalimat itu diperkuat oleh berbagai dalil yang ada dalam Al-Qur’an dan Al-Hadis yang menjelaskan Islam sebagaimana fakta kebenaran yang ada di dalamnya dan melindung tercampurnya Islam dengan agama dan sistem lainnya. Penulis juga mencantumkan dalil yang memperkuat yang tertuang dalam Al-Qur’an Allah berfirman, “Siapa saja yang mencari agama selain Islam, sekali-kali tidak akan diterima agama itu darinya, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi.” (TQS. Ali-Imran:85).

Penulis memaparkan dengan jelas konsep yang Islam berikan. Memaparkan dengan rinci kesempurnaan Islam dalam mengatur kehidupan. Karya yang akan membuat siapa saja yang membaca kembali, membuka mata serta menyadari berapa sempurna Islam dalam mengatur kehidupan. Karya yang akan membuat pembaca memahami bahwa Islam bukan sekadar agama tetapi rahmat bagi seluruh alam.

Bab pertama diawali dengan Islam sebagai agama dan seperangkat aturan yang diturunkan bukan hanya untuk kaum muslimin, tetapi untuk seluruh manusia. Kita akan mendapatkan gambaran bahwa agama Islam menjadi agama penyempurna dari kitab-kitab yang diturunkan sebelumnnya. Bagian ini juga menjelaskan bahwa Islam bukan hanya sekedar agama tetapi juga Ideologi yang memiliki seperangkat aturan yang pernah diterapkan. Kemudian, kita akan diajak berpikir tentang konsep keimanan yang benar yang menggambarkan keunggulan Islam sebagai agama juga mabda.

Dalam bab ke dua dijelaskan akan hakikat sejatinya manusia dalam pandangan Islam. Kita akan mendapatkan gambaran tentang potensi kehidupan yang memiliki keperluan jasmani serta naluri yang dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, naluri mempertahankan diri. Kedua, naluri melestarikan jenis dan yang ketiga, naluri menyembah atau naluri beragama.

Di bab berikutnya kita akan dijelaskan akan konsep akidah untuk meningkatkan taraf berpikir dalam memandang kehidupan. Dan kita akan dibuat paham bahwa Islam adalah agama dan mabda yang mencakup sisi spiritual serta politik. Kita juga akan mendapatkan penjelasan tentang akidah dan hukum syara’ yang dipahami secara logis dan rasional melalui penjelasan yang rinci.

Dua bab terakhir mengungkap metode yang merupakan bagian hukum-hukum Islam tentang problem solving dan sumber dalil pemikiran serta metode yang Islam terapkan. Di dalam metode penerapan kita akan mendapati hukum mengenai khilafah serta struktur kepemimpinan negara khilafah yang pernah diterapkan.

Maka, kita sebagai generasi muslim harus tahu dan paham akan konsep Islam yang sangat sempura dalam mengatur kehidupan. Sungguh sangat penting buku ini dibaca sebagai gambaran utuh tentang Islam yang menjadi rahmat bagi seluruh alam dalam mengatur kehidupan. Jadi, kamu juga wajib baca!