Istri Sholihah Anugerah Terindah

Spread the love

 

Oleh: Minah, S.Pd.I
(Pengajar dan Revowriter Surabaya)

 

Setiap suami pasti mendambakan istri yang dapat membahagiakan kehidupannya, memberikan kesegaran saat dahaga menghauskan tenggorokannya, memberikan keluasan saat kesempitan dunia menyesakkan dadanya, serta memberikan kesejukan saat panas dunia dan segala isinya mulai membakar.

Siapakah dia? Dia adalah istri sholihah yang menjadi anugerah terindah dari Allah, istri cerdas yang hanya tunduk dan patuh kepada aturanNya, dan istri pilihan yang akan membawa kebahagiaan hingga menembus alam akhirat.

Istri sholihah adalah anugerah terindah bagi suaminya. Istri yang menjadi dambaan dan idaman bagi setiap laki laki sholeh.

Istri sholihah memiliki berbagai keutamaan.

” Jika seorang istri menunaikan sholat lima waktu, memelihara kehormatannya, dan taat pada suaminya, maka ia akan memasuki surga dari pintu mana saja yang disukainya.” (HR. Ibnu Hibban)

Subhanallah, betapa indahnya balasan bagi istri sholehah, dia bisa masuk pintu surga melalui manapun. semoga kita mampu menjadi istri sholihah. Aamiin.

Selain itu, istri sholihah memiliki keutamaan yang lain, serta mempunyai beragam kemuliaan bagi suaminya, baik dalam kehidupan di dunia maupun kehidupan akhirat.

Keutamaannya adalah:

* Istri sholihah adalah perhiasan dunia yang terindah.

Ini tercantum dalam sabda Rasulullah. Yakni: ” Dunia dan seisinya adalah perhiasan, dan perhiasannya yang paling indah adalah wanita sholihah.” (HR. Muslim).

* Istri sholihah adalah perhiasan yang baik. Perhiasan yang memberikan manfaat bukan membahayakan.

* Istri sholihah adalah penyejuk mata dan penyenang hati bagi suaminya.

Disaat suami lelah maupun penat sang istri Sholihah mampu menghilangkan rasa lelahnya itu dengan menjadi penyejuk mata dan penyenang hati bagi suaminya.

Istri sholihah pandai untuk menjaga kehormatan suaminya, selalu ada untuk suami, membantu suami saat membutuhkan, selalu berusaha untuk melaksanakan yang halal dan menjauhi yang haram. Menjaga kehormatan dirinya, Mampu menutupi kekurangan suami dan terus berbuat kebaikan.

Firman Allah: “dan orang-orang yang berkata:”Wahai Rabb kami, anugerahkan kepada kami isteri-isteri dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”(QS. Al Furqon:74)

* Istri sholihah merupakan kebahagiaan bagi suaminya di dunia, karena ia senantiasa mengajak kepada kebaikan, mencegah dari keburukan, memotivasi dalam ketaatan, dan mengingatkan dari kemaksiatan.

* Istri sholehah adalah ketenangan, kecintaan dan kekasih bagi suaminya.

Subhanallah,, itulah beberapa keutamaan bagi istri sholihah, semoga kita mampu memiliki keutamaan itu dan berusaha untuk menjadi istri sholehah. Senantiasa tunduk dan taat kepada  Allah. Aamiin.

(Visited 152 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *