Memanfaatkan Sisa Usia untuk Mendapatkan Keridaan-Nya Melalui Al-Qur’an

  • admin
  • July 27, 2021
  • Comments Off on Memanfaatkan Sisa Usia untuk Mendapatkan Keridaan-Nya Melalui Al-Qur’an
Spread the love

Judul buku : Hafal Al-Qur’an dalam Sebulan

Pengarang : Ir. Amjad Qosim
Penerbit : As-Salam Publishing
Tahun Terbit : 2013
Cetakan : ke-1
ISBN : 978-602-9002-65-2
Jumlah halaman : 145 halaman
Peresensi : Grace Ghania

Muslimahtimes.com – “Orang yang paling baik diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.”

Sabda Rasulullah di atas adalah kebenaran sekaligus motivasi yang melekat dalam hati dan pikiran setelah membaca buku ini. Buku ini bukan sekadar buku tutorial bagaimana menghafalkan Al-Qur’an, tapi buku ini berisi begitu banyak motivasi dari para perindu Al-Qur’an juga Surga.

Pada bab-bab awal, kita seakan menaiki roller coaster kehidupan dimana perasaan dan pikiran kita serasa diguncang sang penulis tentang renungan mengenai seberapa berharganya waktu-waktu yang telah kita pakai selama ini dan apa saja yang telah kita lakukan. Di sana, begitu banyak pukulan dan tamparan dalam diri perihal waktu yang tak bisa kita putar ulang. Berapa lama kita memanfaatkan hari dengan beribadah? Berapa persentase waktu yang kita gunakan untuk membaca Al-Qur’an dalam sehari? Lalu, Berapa kali kita bersenang-senang dengan menyia-nyiakan waktu?

Bahasa yang digunakan penulis sangatlah mudah dimengerti apalagi, ketika mengajak dan menyampaikan pesan mengenai tekad tujuan menghafalkan Al-Qur’an. Masya Allah semua pesan dan ajakan yang ditulis sangat menggugah diri. Sejenak, diri serasa merenung dan bernostalgia tentang apa saja yang sudah dilakukan selama ini. Setelah membaca buku ini begitu banyak sisi diri yang tersadar bahwa kita sebenarnya masih tertinggal sangat jauh dalam pandangan keridaan Allah terhadap kita, dibanding mereka para penghafal Al-Qur’an yang berlomba-lomba berusaha mendapatkan rida dan surga-Nya.

Tak berhenti pada motivasi yang diberikan penulis, namun kita juga disuguhkan oleh kisah para penghafal Al-Qur’an yang memiliki motivasi dan keajaiban tersendiri dalam hidup mereka bersama Al-Qur’an. Sungguh, betapa indahnya saat membacanya. Rasa bahagia juga iri memenuhi hati menakala melihat mereka yang memiliki kenangan indah bersama Al-Qur’an dapat berbagi cerita melalui buku tersebut. Benar-benar iri melihat orang-orang bisa memiliki kenangan indah bersama Al-Qur’an mereka, sedangkan diri ini masih baru tersadar bahwa Al-Qur’an adalah jalan emas menuju surga-Nya.

Buku ini sangat bagus sekali karena mengingatkan kita tentang apa yang seharusnya kita cari di dunia ini. Apalagi yang dicari dalam hidup kecuali rida-Nya? Begitu banyak cara dan waktu yang kita lewatkan dengan sia-sia untuk mendapatkannya, lalu untuk apa hidup kita jika kita tidak memiliki tujuan yang haqiqi? Dalam setiap rumah muslim bisa dipastikan terdapat Al-Qur’an, genggam Ia, baca, pelajari dan hafalkan. Sungguh buku ini membangkitkan semangat diri untuk ingin segera menyentuh Al-Qur’an dan ikut berlomba-lomba untuk menjadikannya jalan menuju Surga. Jika kalian adalah orang-orang yang membutuhkan motivasi untuk kembali pada rida Allah, buku ini patut dibaca! Karena Al-Qur’an ada untuk dipelajari siapa pun dan buku ini ada untuk dibaca siapa pun pula sebagai pendukungnya!