Breaking News

Saat Seluruhnya adalah Ibadah

Spread the love

Oleh. Iffat Zulfa Rahmi

Judul buku : Diary Muslimah Millenial
Penulis : Humaira El Rahmi
Penerbit : Araska
Tahun terbit : 2018
Tebal buku : 224 halaman
Harga : 44.500

Fisik yang cantik membungkus buku yang penuh makna. Meng-cover seluruh bagiannya dengan penuh tataan yang menarik. Ya, benar buku itu memiliki judul Diary Muslimah Millenial. Judul dari bukunya saja sudah mencerminkan bahwa memang patut diperuntukkan remaja perempuan dan muslimah millenial. Sebab di sana ada banyak informasi penting yang bisa kita ambil dan menerapkannya pada kehidupan di era sekarang. Di dalam buku tersebut terdapat delapan bab, dimana semua bab memperlihatkan bagaimana kita dapat melakukan aktivitas yang bukan hanya ke arah duniawi saja, namun akhirat pun jua.

Isi dari buku ini benar-benar mengajarkan kita para muslimah untuk menjadi “Bidadari dunia akhirat.” Di bab yang pertama, penulis memahamkan bahwasannya muslimah harus memiliki kehormatan dan kualitas hidup yang tinggi agar nantinya kita dipersiapkan untuk melahirkan generasi yang mengemban surganya Allah. Jadi, tak cuma-cuma mengemban hidup duniawi tapi juga untuk mempersiapkan kehidupan akhirat.

Di bab yang kedua, membahas tentang meski kita adalah perempuan, ibadah yang kita kerjakan tidak lebih sedikit dari pada laki-laki. Maka, perempuan muslimah akan istiqomah untuk merubah hidupnya dengan ibadah-ibadah yang tiada tandingannya dari ibadahnya laki-laki. Kita juga akan diberikan tips oleh penulis agar tetap konsisten dalam menjalani ibadah, meski diterpa oleh kesibukan hakiki.

Nah, inilah bagian terfavorit yakni bab 3-7. Di bab 3-5, memberikan segudang ilmu dan pemahaman untuk mengerjakan ibadah di pagi, siang, dan malam. Kita jadi mengetahui, apa saja yang seharusnya dilakukan muslimah millenial di tengah kesibukan duniawinya. Dan pastinya di dalam ibadah tersebut mengandung banyak amalan-amalan yang istimewa, seperti salat malam, duha, dan dua rakaat sebelum subuh. Buku ini menyajikan keberkahan ketika melakukan ibadah tersebut, serta kedahsyatan ibadah dan tata cara melaksanakannya. Tentu kita penasaran dan ingin untuk mengetahuinya. Sebab itulah ilmu fikih yang kita butuhkan untuk menjadi “Bidadari dunia akhirat.” Perempuan macam apa yang tak mau menjadi layaknya bidadari?

Tapi, ada satu hal yang mengganjal. Semua itu pasti dirasakan oleh seluruh perempuan di muka bumi ini. Yah, bagaimana ketika perempuan berhalangan? Apa boleh melakukan ibadah? Apa masih mendapat keberkahannya? Pertanyaan yang dikira tidak ada jawabannya itu salah, sebab di buku ini menjawab semua pertanyaan tersebut. Yakni terdapat di bab 6-7. Penulis yang memiliki nama lengkap Humaira El Rahmi ini, tahu apa yang dapat diamalkan muslimah ketika halangan melanda. Humaira menuliskan satu demi satu ibadah yang mulai dari hal kecil hingga ibadah yang memiliki pahala besar, dan dapat dilaksanakan meski berhalangan. Tak hanya itu, di bab tersebut juga memberikan doa-doa yang mustajab, yang dapat dijadikan amalan. Maka, sebenarnya penulis secara tidak langsung bilang bahwa tak ada alasan untuk tidak beribadah kapan dan dimana pun. Itulah sepenggal isi dari buku karya Humaira El Rahmi.

Dari pembahasan tersebut tentang isi sang buku, ternyata buku yang tampak indah ini bukan hanya sekedar di luarnya saja, namun isinya pun begitu indah. Menjadikan kita perempuan millenial tahu yang sebaiknya dilakukan. Bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami dikalangan millenial dan sistemtika penulisan yang cukup baik. Penyajian sampul juga sangat membuat ketertarikan kaum millenial untuk membacanya. Serta isinya yang sangat bermakna.

Di setiap hal atau sesuatu pasti ada yang namanya kekurangan, maka kelemahan buku ini pun ada. Akan tetapi sangat sedikit jumlahnya, yakni jika lebih baik dalam halaman bukunya ditambahkan sesuatu gambaran yang dapat terindra. Dan percikan warna-warna soft yang menyertai, sebab era sekarang harus mempunyai warna agar tidak begitu terasa monoton. Sehingga perempuan remaja millinial sekarang dapat mempelajari lebih dalam ibadah yang mereka lebih baik lakukan dari pada yang tak berguna.

Diary Muslimah Millenial ini sangat tepat bagi kamu, kalian, dan mereka para millenial yang mau merubah hidupnya menjadi lebih baik lagi. Hidup yang lebih bermanfaat, lebih berkah, dan lebih baik dari sebelumnya. Meski zaman sekarang banyak yang mengajak kepada kemaksiatan, tapi tidak untuk kita para muslimah. Mendekatkan diri pada Allah dan menjauhi larangan-Nya itu tujuan kita. Kita harus menjadi millenial yang beradab dan berakhlak mulia. Dan mengisi waktu senggang dengan ibadah dan amalan-amalan yang menjadikan kita “bidadari dunia akhirat.” Di buku inilah rahasia amalan yang dapat kita laksanakan dan agar kita lebih khusyuk, serta istikamah menjalani ibadah dan amalan-amalan yang telah dipaparkan dibuku tersebut. Bacalah buku ini dengan benar dan penuh keyakinan, maka akan tergerak untuk paham akan segala isi dan maknanya.