Seni Hidup Minimalis

Spread the love

Judul buku: Seni Hidup Minimalis

Penulis: Francine Jay
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: 2010
Tebal buku: 262 halaman
Peresensi: Choirin Fitri

Muslimahtimes.com – “Seni Hidup Minimalis” sebuah judul buku yang menarik ketika pertama kali dilirik. Mengapa? Karena, buku ini adalah pilihan jitu bagi mereka yang cinta kebersihan dan kerapian.

Motto buku ini pun sesuai judulnya, “Petunjuk minimalis menuju hidup apik, tertata, dan sederhana”. Hingga, bagi kita yang memang punya niat memperbaiki gaya tatanan rumah seakan wajib membaca buku ini.

Dalam bahasan awal kita akan diajak semacam muhasabah kenapa kita memilih hidup minimalis, manfaat, serta tahapan agar kita bisa menikmati pilihan hidup minimalis. Kita pun akan disadarkan bahwa sedikit barang akan membuat sedikit stres. Sedangkan, banyak barang akan membuat stres bertambah pula. Kita diajarkan hidup sederhana. Itu inti bahasan awalnya.

Bagian 2 diberi judul STREAMLINE. Ini adalah prinsip dan pembahasan yang akan kita dapatkan saat membaca buku bersampul jingga ini. Apa saja itu?

Start over – Mulai dari sekarang Trash, treasure, or transfer – Buang, simpan, atau berikan Reason for each item – Alasan setiap barang Everything in its place – Semua barang pada tempatnya All surfaces clear – Semua permukaan bersih Modules – Ruangan Limits – Batas
If one comes in, one goes out – Satu masuk, satu keluar Narrow down – Kurangi Everyday maintenance Perawatan setiap hari

Pada bagian 3 kita akan diajak praktik langsung untuk membuat tiap ruangan bergaya minimalis. Lalu, di bagian 4 kita akan sampai akhir pembahasan bagaimana memiliki cara hidup bebas berantakan dan bermanfaat untuk masyarakat.

Nah, rugi dong ya jika kita punya keinginan berbenah jika tak tahu ilmunya. So, ayuk baca buku karya Francine Jay ini!