The Earth is Dying

Spread the love

Oleh. Hasna Syarofah

(Gen Z Muslimah Writer)

MuslimahTimes.com — Paaanaaaaaaas, guys! Coba cek aja. Suhu rata-rata 20 tahun dari tahun 2002 berada di jalur untuk melebihi 1 derajat celcius di atas tingkat pra-industri untuk pertama kalinya. Dan permukaan laut global naik ke ketinggian baru pada tahun 2021, menurut penelitian tersebut. (BBC News, 02/11/21).

Sebuah penelitian memperkirakan pada 2025 mendatang terdapat 40% kemungkinan temperatur 1,5 derajat celcius (1,5° c) lebih panas setidaknya dalam setahun dibandingkan masa pra industri (atau pada 1850an).(BBC News, 29/05/21)

Dari berita di atas, udah tau dong apa maksudnya? Yap, seperti yang kita rasakan bumi hari ini semakin panas. Tahu nggak sih sekarang suhu bumi sudah naik mendekati angka 1,5° c. Namun, Perjanjian Paris menetapkan tujuan untuk tetap menjaga suhu udara global yang meningkat tak lebih dari 2 derajat celcius dan juga berusaha agar tak melewati 1,5° c. Lapisan ozon sudah mulai melebar, dan sinar UV sudah tidak tersaring dengan baik. Akibatnya es di kutub mencair, dan permukaan air menjadi naik. Dan jika ini terus dibiarkan, maka bumi ini akan tenggelam dan kehidupan di dunia ini musnah.

Ih, ngeri banget kan? Tapi, pernah nggak sih terlintas di pikiran kalian kenapa suhu bumi makin lama makin panas? Padahal dulu suhu bumi itu dingin banget. Kalau misalnya pertanyaan tadi sudah pernah terlintas di benak kalian, selamat kalian telah menjadi salah seorang yang peduli terhadap kelangsungan bumi, hehe.

Ternyata, ada beberapa faktor yang menyebabkan bumi semakin panas atau bahasa kerennya global warming.

1. Efek rumah kaca. tau nggak sih dulu orang-orang menghangatkan suhu bumi dengan melepaskan gas rumah kaca ke udara. Gas hasil efek rumah kaca seperti karbon dioksida dan polutan udara lainnya diserap oleh atmosfer dan dipantulkan balik ke permukaan bumi. Namun, hal ini terus dilakukan hingga melebihi batasnya, sehingga kita sekarang keluar beberapa menit sudah keringatan.

2. Banyak memakai barang plastik. Plastik akan mengeluarkan gas metana saat terkena sinar matahari.

3. CFC pada kulkas dan AC. Gas pendingin yang ada pada kulkas dan AC ternyata sangat berbahaya bagi kita. Kenapa? Karena jika CFC itu lepas, bisa menyebabkan melebarnya lapisan ozon sebagai penyaring sinar UV.

4. Pupuk nitrogen. Beberapa dari nitrogen tersebut berubah menjadi Nitro Oksida. Nitro oksida merupakan salah satu gas dalam rumah kaca.

Nah, kita sebagai penduduk bumi sudah seharusnya peduli pada tempat yang kita tinggali. Berusaha untuk menjadikan suhu bumi ini netral merupakan suatu keharusan bagi setiap orang yang tinggal di bumi ini.

Lalu bagaimana usaha kita agar bumi ini tetap sehat? Caranya gampang, sini biar aku kasih tips nya :

1. Tidak menebang pohon sembarangan dan penggundulan hutan. Pohon berfungsi untuk mengeluarkan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Ini bisa membantu mengurangi gas yang terlepas dari rumah kaca.

2. Mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung CFC, dan menggantinya dengan produk yang ramah lingkungan.

3. Mengurangi penggunaan sampah plastik.

4. Menanam pohon sebanyak-banyaknya.

Itu beberapa tips sederhana yang bisa kita upayakan sebagai warga bumi, Guys.

Dan satu hal lagi yang nggak kalah penting, perlu dukungan negara yang peduli pada sistem regenerasi alam dan reboisasi hutan. Kira-kira, kalau negaranya berasas sekuler seperti kebanyakan negara hari ini, bisa nggak ya? Hmm…. Wallahu a’lam bishowab.