Trik Jadi Remaja Penuh Magis

remaja muslimah
Spread the love

Oleh: Fathiya Puti Khaira
(Siswa SMA Durrotul Ummah Tangerang)

MuslimahTimes.com–Magis berasal dari bahasa Inggris, yaitu magic yang memiliki arti gaya tarik. Secara definisi, magis adalah praktik manusia untuk memengaruhi manusia lainnya. Bisa jadi untuk memengaruhi orang lain agar berbuat baik, menginspirasi untuk melahirkan inovasi, berbicara untuk menciptakan pemikiran baru, ataupun tujuan lainnya yang dapat membanggakan diri si pemilik magis. Pada intinya, pemilik magis harus memiliki kemampuan public speaking yang handal dan percaya diri tingkat tinggi untuk menyuarakan aspirasinya. Namun saat ini, dapat kita saksikan bahwa mayoritas pemilik magis adalah seorang dewasa yang kaya raya karena bisnisnya atau seorang pejabat negara karena jabatan yang dimilikinya.

Seharusnya, semua kalangan manusia mampu menciptakan dan memiliki magis. Terutama remaja, sebab pada pemikiran remaja begitu banyak ide meletup-letup yang semestinya dapat tersalurkan dengan baik. Namun, jika kita menengok realita saat ini, remaja bagai hilang dari pandangan dan bermetamorfosa menjadi generasi rebahan. Amat menyedihkan bukan? Nah, bagaimana cara menumbuhkan bibit-bibit magis dalam diri kita? Bagaimana cara menghindarkan diri dari virus generasi rebahan yang amat merajalela? Bagaimana trik menghidupkan rasa percaya diri tingkat tinggi? Mari simak penjelasan di bawah ini ya, kawan!

Berikut trik-triknya:
1. Berdiri di hadapan cermin dan perhatikan diri kamu secara seksama.

2. Kenali dirimu, perhatikan garis-garis wajah yang diturunkan oleh kedua orang tuamu. Pahatan indah ciptaan Sang Ilahi, mata bening yang menjanjikan sebuah kepercayaan, kerutan dahi pertanda gaya kritismu, dan lengkung bibirmu yang begitu menakjubkan. Begitu indah bukan? Ya, bahkan sangat indah. Maka tanamkan dalam pikiranmu, bahwa kamulah makhluk memesona yang dicipta oleh Sang Pencipta. Jadi, jangan insecure ya kawan!

3. Lalu, perhatikan lingkungan sekitarmu. Apa yang terjadi di sekitarmu? Adakah yang menaruh harap padamu? Adakah yang setengah mati berjuang demi kebahagiaanmu? Adakah yang membutuhkan support darimu? Adakah yang menanti senyum manismu di hadapannya? Adakah celah sempit yang kini sedang menanti hadirmu?

4. Renungkan dan instropeksi dirimu kawan! Sebab kelak, kamu akan menemukan jawaban bahwa kamu amat berharga untuk hidup mereka. Jadi, masihkan kamu ingin mengecewakan mereka dengan perbuatan konyolmu? Semoga tidak.

5. Setelah itu, buatlah dirimu haus akan ilmu. Ketika kamu tahu banyak manusia yang menaruh harap padamu, maka berjanjilah untuk sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Sebab dengan ilmu kamu akan tahu banyak hal, akan mengharumkan namamu sendiri, dan membanggakan kedua orang tuamu. Hebat sekali, bukan?

6. Berikutnya, kamu harus bersuara di setiap kesempatan yang ada.
Untuk menjadi magis, kamu harus percaya diri. Untuk percaya diri, kamu harus memainkan pita suaramu. Bertanyalah jika diberi kesempatan, tanggaplah dalam segala hal, dan jalinlah komunikasi baik dengan orang-orang di sekitarmu. Semua itu akan membantumu untuk menumbuhkan rasa percaya diri dengan diirringi ilmu dan adab yang selalu kamu prioritaskan.

7. Terakhir, kamu harus berusaha, berkarya, dan berdo’a! Keluarkan keringat-keringatmu untuk membuktikan usahamu, berkaryalah hingga titik penghabisan darahmu, dan mintalah pada Allah untuk diberi kesuksesan yang kekal hingga sampai ke surga-Nya. InsyaAllah rasa percaya diri itu akan tumbuh dan mampu menghasilkan amal jariyah yang tak terduga banyaknya.

Jadi, demikianlah trik-trik untuk menjadi remaja penuh magis. Terlalu rugi rasanya jika kita sekadar rebahan, tanpa mengabdi untuk sebuah peradaban. Terlalu sia-sia rasanya, jika hidup kita sekadar menjadi penonton para magis tanpa ada impian untuk menjadi magis itu sendiri. Maka, ayo kerahkan versi terbaikmu untuk menjadi yang terbaik pula! Manfaatkan waktumu, tunjukkan kehebatanmu, dan perlihatkan karyamu pada dunia! Selamat berusaha dan selamat berlomba menuju kesuksesan yang sesungguhnya!