Yuk, Kenali Ciptaan Tuhan!

Spread the love

Judul buku: Yuk, Kenali Ciptaan Tuhan!

Penulis: UI Yuliani, dkk
Penerbit: LovRintz
Tahun terbit: Maret 2021
Tebal buku: 185 halaman
Peresensi: Choirin Fitri

Muslimahtimes.com – Mengenalkan ciptaan Tuhan pada anak adalah cara mengenalkan Allah sebagai pencipta. Jika biasanya orang tua langsung mengenalkan pada alam semesta, manusia, dan kehidupan yang ada di sekitarnya. Kini, orang tua bisa mengenalkan berbagai ciptaan Tuhan dengan cerita.

Buku dengan judul “Yuk, Kenali Ciptaan Tuhan” ini berisi kumpulan cerita pendek dari para penulis Nusantara. Dalam buku ini ada banyak cerita makhluk-makhluk Allah yang istimewa. Mulai dari hewan, tumbuhan, hingga bagian-bagian tubuh manusia.

Gaya bertutur tiap penulis memiliki keistimewaan tersendiri. Sehingga, saat membacanya akan menemukan mutiara-mutiara hikmah yang bisa diambil pelajaran. Bahkan, bahasanya yang sederhana sesuai karakter anak akan membuat anak mampu membaca mandiri dan mengerti isinya.

“Karena Allah menciptakan makhluk bernama darah yang hebat.” (halaman 3)

“Benar, sayang. Begitu sempurnanya Allah menciptakan segalanya. Zyva harus ingat ya, sekecil apapun yang diciptakan Allah, pasti bermanfaat.” (halaman 15)

“Allah sayang sama Bunda. Syafiq doakan Bunda ya, agar Bunda mendapatkan Surga,” jawab Bu Rini sambil memeluk semakin erat (halaman 53)

“Apakah semua ciptaan Tuhan bermanfaat untuk kita?” tanya Alang (halaman 101)

Mata Nana berbinar. Kini, ia paham tentang penjelasan ibu. Juga memahami bahwa Allah Mahakuasa. (halaman 165)

Itu adalah beberapa cuplikan kalimat yang spesial dalam buku ini. Bagi saya buku ini pun sangat spesial. Karena ini adalah buku antologi cernak pertamanya yang dibukukan. Cerpen berjudul “Nyamuk Nakal” yang ia tulis terinspirasi dari kisah Sulungnya yang paling benci dengan gigitan nyamuk. Cerpen karyanya bisa dibaca di halaman 105 dalam buku ini

“Kenapa sih, Allah menciptakan nyamuk? Bikin susah aja. Aku jadi gatelan ini,” Jundi menggerutu sembari menggaruk-garuk badannya yang masih terasa gatal.

“Allah Maha Pencipta, Sayang. Setiap apa yang diciptakan pasti ada maksudnya. Salah satunya agar kita bisa mengambil pelajaran dari nyamuk ini,” Jundi menyimak penjelasan Bunda. (halaman 108)

Nah, bagaimana? Terlihatkan betapa menariknya buku ini? Tentu bisa menjadi koleksi kita sebagai orang tua, dan bagus untuk bacaan putra putri yang sudah bisa membaca.