ADZAN ADALAH SYIAR ISLAM

Spread the love

 

Oleh: Ummu Arsa

 

Jawapos.com, Medan – Meliana berlinang air mata saat mendengar majelis hakim Pengadilan Negeri Medan menjatuhi hukuman penjara 1 tahun 6 bulan atas kasus penodaan agama yang dipicu protes volume suara azanyang menjeratnya. Hukuman dijatuhkan majelis hakim yang diketuai Wahyu Prasetyo Wibowo dalam sidang pada Selasa, 21 Agustus 2018.

Adzan merupakan panggilan Allah SWT kepada kaum muslim untuk melaksanakan sholat.selain itu adzan juga bagian dari syiar agama Islam. Ibnu Taimiyyah rahimahullahberkata,

وإن شعار الدين الحنيف هو: الأذان المتضمن للإعلان بذكر الله، الذي به تفتح أبواب السماء، فتهرب الشياطين، وتنزل الرحمة

“Di antara syi’ar-syi’ar agama yang hanif ini adalah adzan yang mengandung pengumuman untuk berdzikir (mengingat) Allah ta’ala. Dengan adzan ini, terbuka pintu-pintu langit, para setan lari terbirit-birit dan turun rahmat (ketenangan)” (Al-Iqtidha Shiratil Mustaqim hal. 218).

Hal ini sebagaimana sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, beliau bersabda,

إذا نُودِيَ بالصلاةِ فُتحتْ أبوابُ السماءِ ، واسْتُجيبَ الدعاءُ

“Jika adzan untuk shalat dikumandangkan, maka pintu-pintu langit dibuka, dan doa-doa dikabulkan” (HR. Ath-Thayalisi, Silsilah Ash Shahihah no. 1413).

Sangat disayangkan,negri yang mayoritas penduduknya beragama Islam,namun seringkali terjadi penodaan terhadap agamanya.

Nampaknya hal ini adalah sesuatu yang wajar. Karena didukung oleh sistem demokrasi sekuler yang dianut bangsa ini. Sebagaimana kita ketahui demokrasi menyediakan ruang seluas-luasnya untuk kebebasan, termasuk kebebasan berpendapat.

Dengan demikian, kasus penistaan agama akan terus terjadi selama demokrasi sekuler diadopsi sebagai sistem kehidupan.

(Visited 4 times, 1 visits today)

One thought on “ADZAN ADALAH SYIAR ISLAM”

  1. Pdhl di wilayah sy manado speaker dr gereja tiap hari di putar kencang2, ada yg bikin kantin gereja tp jualnya pake speaker, ada yg hya sekedar putar lagu2 hampir pd pagi dan malam, bhkan di gereja samping rumah saya, saat di masjid ada takbiran idhul adha mereka bikin lomba jalan pake speaker keras2 lgi suaranya, lanjut o.raga poco2 juga pake speaker, jdi suara takbiran dan suara dr gereja sama2 ramai, dan itu berjam2. Dan kmi muslim hya bisa diam. knp adzan yg hya bbrp menit di atur volumenya,, klo lah itu di daerah dataran ya suaranya bisa terdengar ke smua warga, tp klo di daerah kmi yg ada bukit2nya gmn..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *