Belajar Bahasa Arab Sejak Dini dengan My First Al Qur’an Words

Spread the love

Judul Buku : My First Al Qur’an Words
Penulis         : Syarifah Levi
Penerbit       : Magfirah Pustaka
Tahun Terbit : 2017
Tebal            : 20 halaman (@ buku)
Peresensi     : Arinta Kumala Verdiana, S. Pd

Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat penting bagi kita umat muslim. Kenapa Bahasa Arab ini penting ?Karena bahasa Arab adalah Bahasa Al Qur’an. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Yusuf ayat ke 2 “Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya”.

Sebagai hamba Allah yang menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup , tentunya kita harus belajar dan memahami bahasa dari Al Qur’an yaitu Bahasa Arab. Dan tentunya kita juga ingin anak-anak kita bisa belajar untuk memahami Bahasa Al Qur’an ini. Sebagai bekal agar mereka juga bisa memahami Al Qur’an sebagai pedoman hidupnya. Maka kita perlu sedini mungkin untuk mengenalkan Bahasa Al Qur’an kepada mereka. Agar mereka terbiasa dan cinta dengan Bahasa Arab ini.

Nah, buku yang berjudul ‘My First Al Qur’an Words’ ini sangat cocok bagi para orang tua yang ingin mengenalkan Bahasa Al Qur’an kepada putra-putrinya. Paket buku My First Al Qur’an Words (MFAW) ini terdiri dari lima buah jilid buku dengan berbeda-beda tema. Jilid yang pertama dengan tema animal (binatang), jilid yang kedua dengan tema nature (alam), jilid yang ketiga dengan tema fruit & vegetable (buah-buahan dan sayur-sayuran), jilid yang keempat dengan tema thing (benda) dan jilid yang kelima dengan tema body (badan).

Beberapa keistimewaan yang membuat buku ini layak menjadi rekomendasi untuk menempati rak buku di perpustakaan anak-anak kita antara lain :

Semua buku MFAW adalah jenis board book (buku yang terbuat dari karton tebal). Jadi kita tidak perlu khawatir halaman-halaman buku akan robek ketika dibaca bahkan dimainkan oleh anak-anak balita kita sekalipun.

Cetakan buku-buku MFAW disertai dengan gambar-gambar yang sangat menarik dan tentu saja full color (penuh warna) baik gambar, background maupun tulisannya. Jadi ini akan sangat menarik putra-putri kita untuk senang membaca.

Setiap jilid dari paket buku MFAW ini ada 20 halaman dengan 20 kosakata. Jadi total dalam kelima buku ini ada 100 kosakata.
Buku MFAW ditulis dalam 3 bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Jadi dengan membaca buku-buku MFAW ini insyaAllah buah hati kita akan bisa mendapatkan 60 kosakata di setiap jilidnya sekaligus, masing-masing 20 kosakata untuk setiap bahasa. Berarti dalam 5 jilid buku MFAW putra-putri kita akan mendapatkan 100 kosakata Bahasa Indonesia, 100 kosakata Bahasa Inggris dan tentunya 100 kosakata Bahasa Arab. Dan keseratus kosakata Bahasa Arab itu semuanya diambil dari Al Qur’an. Jadi dengan kata lain putra-putri kita bisa mendapatkan 100 kosakata yang ada di Al Qur’an. Cukup banyak bukan  untuk menjadi tabungan kata-kata pertama dari Al Qur’an?

Yang terakhir ini menurut saya paling istimewa. Di setiap halaman dari buku ini disertakan terjemahan ayat Al Qur’an yang mengandung kata yang diambil dari ayat tersebut dengan pewarnaan berbeda pada kata yang dimaksud. Sangat eyecatching. Jadi kita bisa tahu kosakata tersebut diambil dari surat apa, surat keberapa dan ayat keberapa. Dan pada kata-kata tertentu disertakan bentuk jama’ (plural) atau bentuk mustanna (ganda) dari kosakata yang dimaksud.

Seperti judulnya : My First Al Qur’an Words, kosakata-kosakata dalam paket buku MFAW ini bisa menjadi kata-kata Al Qur’an pertama untuk buah hati kita. Dengan penyajiannya yang sangat menarik, mereka akan belajar dengan menyenangkan. Saya sudah membuktikan bersama putri saya Azdah Harisatulhaq yang berusia 4 tahun. Belajar dengan menggunakan buku ini sangat menyenangkan dan membuat dia ketagihan. Kendati dia belum bisa membaca sendiri, jadi saya yang membacakan untuknya. Dan biasanya, dia akan menirukan apa yang saya bacakan. InsyaAllah cara ini cukup efektif untuk bisa tersimpan di memorinya. Dan dia tidak akan pernah cukup dengan satu buku saja. Jika sudah selesai satu buku, maka dia akan meminta dibacakan jilid-jilid yang lain.

Menurut saya buku ini sangat bagus menjadi salah satu buku rekomendasi untuk menjadi sarana belajar anak-anak kita dalam mengenal Bahasa Al Qur’an. Saya rasa buku ini bisa dipakai untuk anak usia berapapun. Bahkan kita bisa membacakan untuk anak-anak kita yang masih bayi sambil memperlihatkan kepadanya. Halamannya yang penuh warna akan menjadi stimulus penglihatannya. Bahkan untuk dibaca orang dewasapun saya rasa oke saja. Karena saya sendiripun senang membaca paket buku MFAW ini. Kita juga bisa menambah perbendaharaan kosakata Bahasa Arab kita, terkhusus kosakata dari Al Qur’an. Jadi saya rasa ini bisa menjadi salah satu koleksi buku untuk seluruh keluarga. Selamat mengenalkan Bahasa Al Qur’an kepada anak-anak kita.

==============================================

Sumber Foto : SentraQuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *