Khilafah Ajaran Islam

Spread the love
Judul Buku : Khilafah Remake
Penulis  : Felix Y Siauw
Penerbit  : Al Fatih Press
Tahun terbit : 2014
Ketebalan  : 295 hal
Peresensi  : Eva Arlini
Kata Khilafah semakin populer saja, ya! Baik yang senang dan benci padanya, sering membicarakan. Kemarin tagar #KhilafahAjaranIslam di twitter sempat berada di urutan dua. Pasalnya berbagai agenda peringatan Isra Mikraj saat itu mengambil tema Khilafah ajaran Islam. Sontak, para perindu Khilafah mengopinikan ke media sosial dengan tagar tersebut. Alhasil, jadi ramai deh yang ngomongin Khilafah.
Kalau kata Ustadz Felix, memang sudah zamannya. Masa ini adalah abad Khilafah. Makin banyak umat Islam yang nuntut #ReturnTheKhilafah. Saya termasuk yang merindukan kehadirannya. Sebab dari kajian yang saya dapatkan, ajaran Islam secara keseluruhan yang mencakup akidah, ibadah, makanan, minuman, pakaian, muamalah dan sanksi hanya akan terlaksana secara sempurna saat Khilafah tegak.
Buku Ustad Felix ini juga bicara tentang Khilafah. Buku penuh ilustrasi berwarna ini mengenalkan secara umum mengenai sistem pemerintahan Islam tersebut. Semua berawal saat hijrah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam dari Mekkah ke Madinah. Disana Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam menjabat sebagai kepala negara Daulah Islam.
Sejak itu dimulailah episode ketiga dari kisah tentang negara adi daya yang tidak diperhitungkan sebelumnya. Jika episode lalu ada Persia dan Romawi, maka masa setelahnya milik Khilafah Islamiyah. Jumlah umat Islam pun berkembang pesat seiring bertambah luasnya wilayah Islam. Meski ada kecacatan di akhir-akhir penerapannya namun secara umum pemerintahan warisan nabi itu mendulang sukses. Menebar cahaya Islam di dunia
Dulu, hanya ada satu pemimpin umat yang disebut Khalifah. Dulu, umat Islam bersatu di dalam sebuah negara, Khilafah. Dulu, sumber hukum satu-satunya adalah al Qur’an dan Sunnah. Dulu, bendera mereka adalah La Ilaha Illallah Muhammadur Rasulullah. Dulu, wilayah umat Islam yang luasnya 20.000.000 km2  pernah terbentang selama 1300 tahun. (hal. 64)
Disinggung pula dalam buku ini mengenai kondisi umat Islam sekarang, penyebabnya dan cara membangkitkannya kembali. Dikemas semenarik mungkin sesuai ciri khas buku-buku terbitan al Fatih Studio. Dengan kalimat-kalimat singkat yang tampak diupayakan agar lengket dalam ingatan pembaca.
Lagi-lagi saya belum mampu melihat kekurangan dari sebuah buku. Karena keterbatasan ilmu dan sebegitu menikmati isinya. Recommended lah bagi yang pengen kenal Khilafah secara singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *