MENGKRITISI TUDUHAN MIRING TENTANG KHILAFAH

Spread the love

Oleh: Vera Carolina, SP (Anggota Muslimah Jambi Menulis)

 

Dahulu hingga saat ini kata khilafah menjadi perbincangan hangat kaum intelektual dan politisi. Pada awalnya kata khilafah ini asing didengar oleh masyarakat,. Namun saat ini kata khilafah sudah diberitakan baik di media cetak , media elektronik dan media social . Hanya saja pemeberitaan di media tersebut tidak secara rinci menjelaskan konsep khilafah dalam sudut pandang Islam sehingga pemberitaan yang diperoleh berupa tuduhan-tuduhan miring tentang khilafah diantaranya pertama, khilafah dikaitkan dengan kelompok isis, kedua, Khilafah penyebab konflik di suriah, ketiga Khilafah merupakan konsep jaman dulu yang tidak relevan dengan persoalan yang dihadapi manusia saat ini. Benarkah tuduhan miring Khilafah sudah sesuai konsep Islam?

Selanjutnya akan dipaparkan kesalahan tuduhan miring tentang khilafah yang diopinikan oleh barat dan kalangan liberal . Pertama, khilafah dikaitkan dengan isis tidak benar . Masyarakat menilai gambaran khilafah seperti yang dilakukan oleh isis. adalah benar. Padahal kelompok isis melakukan aktivitasnya menimbulkan ketakutan dan korban jiwa. Aktivitasnya disematkan sebagai kelompok radikal karena untuk mencapai tujuan kelompok ini menggunakan kekerasan, pembunuhan, perampasan harta secara paksa,, serta pemerkosaan. Sedangkan Islam memberikan aturan yan tepat bagi manusia . Islam melarang seorang muslim baik sebagai individu maupun kelompok membunuh manusia, merampas harta secara paksa serta melakukan pemerkosaan . Disini jelas bahwa aktivitas isis tersebut bertentangan dengan syariat islam.

Berikut defenisi beberapa defenisi khilafah agar dapat menjelaskan bahwa khilafah ajaran Islam bukan kelompok tertentu.

Khilafah menurut ibnu khaldun adalah mengarahkan seluruh umat berdasarkan sudut pandang syarI dalam meraih kemaslahatan mereka di akhirat dan kemashlahatan mereka di dunia yang mengacu pada akhirat. Sebab segala kondisi di dunia menurut syariah diukur berdasarkan kemashalahatannya di akhirat. Ia pada hakikatnya adalah pengganti shahib asy-Syar (Rasulullah) dala menjaga agama dan mengatur urusan dunia dan agama.

Khilafah menurut Dr. Mahmud al khalidi, Qawaid Nizham al-hukm fi al islam adalah kepemimpinan umum bagi kaum muslim selruh dunia untuk menegakkan hukum-hukum syariah Islam ke seluruh penjuru alam.

Khilafah merupakan bentuk kepemimpinan yang khas, terdapat 5 poin : 1) Kepemimpinan umum yang berlaku atas seluruh umat Islam di berbagai penjuru dunia: 2) kepemimpinan yang mencakup urusan agama sekaligus dunia: 3) Kepemimpinan yang menjadikan kemaslahatan akhirat sebagai tolak ukurnya sehingga hanya mengacu pada syariah Islam yang mengatur urusan rakyat: 4) Kepemimpina yang mengemban misi dakwah islam ke seluruh penjuru alam: 5) Kepemimpinan yang menaungi masyarakat umum dan khusus, termasuk di dalamnya non muslim.

Dari penjelasan tersebut jelas khilafah yang dikaitkan dengan isis tidak sesuai dengan defenisi kepemimpinan yang khas, isis hanya sebatas wilayah tertentu saja. Selain itu, aktivitas yang dilakukan dalam meraih kekuasaan juga tidak sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Rasulullah dan khulafaur rasyidin yaitu meraih kekuasaan dengan cara kekerasan,

Kedua, Khilafah penyebab konflik suriah juga tidak benar. Fakta yang ada di Suriah. Berpuluh tahun negara Amerika dan sekutunya menopang keberadaan rezim Bashar yang bengis. Ribuan rakyatnya dibunuh, dipenjara, dan disiksa di era Hafidz Assad. Kejahatan ini dilanjutkan sang anak , Bashar Assad. Keinginan perubahan ke arah Islam dari rakyat Suriah saat Arab Spring yang awalnya berlangsung damai, pecah menjadi konflik bersenjata. Berawal dari  sikap rezim Bashar yang melakukan respon brutal dengan melakukan pembunuhan terhadap rakyatnya yang ingin berubah secara damai. Sungguh jelas bahwa khilfah bukan penyebab konflik di Suriah.

Ketiga, Khilafah konsep tidak relevan dengan persoalan manusia saat ini jtidak benar. Khilafah ajran Islam yang akan berlaku hingga akhir jaman. Persoalan manusia saat ini akar penyebanya sekulerisme yang melahirkan kapitalisme bukan khilafah. Bahkan Khilafah menjadi solusi bagi Indonesia yang dirundung banyak persoalan. Di bidang ekonomi sistem kapitalis gagal mensejahterahkan umat manusia hanya segelinti orang saja. Di bidang politik lahir sistem demokrasi, di bidang sosio-budaya lahir sistem budaya sosio budaya yang liberal. Di bidang pendidikan lahir sistem pendidikan sekuler(jauh dari agama). Demikian seterusnya. Akar persoalan bukan pada orang yang memimpin saja tetapi sistem aturan yang diterapkan Negara. Khilafah mampu mencetak pemimpin yang amanah didukung dengan penerapan sistem Islam Kaafah sebagimana firman Allah SWT dalam surat Al baqarah 208 artinya “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhannya, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.

Saat ini tuduhan miring tentang Khilafah penting untuk di luruskan. Oleh karena itu bagi setiap muslim mempunyai kewajiban untuk menyampaikan kebenaran makna Khilafah di kalangan masyarakat agar konsep Khilafah dapat diterapkan dalam kehidupan manusia dan menjadi solusi tuntas seluruh persoalan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *