Muslimah The Changemaker

Spread the love

Muslimah The Changemaker

Oleh : Bunda Rizqy

(Praktisi Pendidikan)

Muslimah tidak boleh kalah dalam bidang keilmuan, baik ilmu keduniaan maupun ilmu agama ( tsaqafah Islam ). Karena setiap muslim itu mempunyai kewajiban yang sama untuk menuntut ilmu.

“ Menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim.” ( HR Ibnu Majjah )

”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

Jadi tidak ada pendeskriminasian terhadap wanita untuk menuntut ilmu. Karena semua muslim baik laki-laki maupun perempuan mempunyai kesempatan yang sama.

Muslimah, jika kalian melihat ada suatu kemaksiatan maka bergeraklah untuk mencegah dengan tanganmu ( kekuasaan yang kalian miliki ). Jika tidak bisa, maka berilah nasehat dengan lisanmu yang lembut dan penuh hikmah. Jika masih tidak mampu juga, maka tolaklah dalam hatimu dan doakanlah agar orang tersebut segera bertaubat dan kembali ke jalan Allah Swt.

“ Barangsiapa di antara kalian yang melihat suatu kemungkaran, maka hendaklah dia mengubahnya dengan tangannya. Kalau tidak mampu mengubah dengan tangannya, maka ubah dengan lisannya. Kalau dia tidak mampu mengubah dengan lisannya, maka ubah dengan hatinya dan itu selemah-lemahnya iman.” ( HR Muslim ).

Hadist ini jelas menunjukkan bahwa setiap muslim ( termasuk muslimah ) harus bisa membuat suatu perubahan ke arah yang lebih baik.

Muslimah, jika kalian menemukan suatu kebijakan yang kurang tepat menurut Al Qur’an dan as Sunnah, maka beranilah bersuara untuk meluruskan. Ingat kisah sahabiyah Ummu Salamah yang berani konfirmasi kepada Rasulullah saw.

“ Wahai Rasulullah, mengapa kaum laki-laki bisa pergi ke medan perang sedang kami tidak? Dan kamipun hanya mendapatkan warisan setengah bagian dari laki-laki? “ maka turunlah ayat yang artinya, “ Dan janganlah kamu iri terhadap apa yang dikaruniakan Allah…. ( TQS An Nisaa : 32 ). ( HR Imam Ahmad )

Muslimah, kalian juga mempunyai kewajiban yang sama seperti laki-laki muslim untuk berdakwah, menyampaikan kebenaran Islam dan amar ma’ruf nahi munkar. Maka tunaikanlah kewajiban itu dengan berinteraksi siapa saja yang kalian temui.

Muslimah, sampaikan ajaran-ajaran Islam itu dengan dasar cinta. Pasti kalian tidak ingin melihat saudara sesama muslim terperosok ke dalam neraka. Maka nasehatilah mereka dengan lisan manis yang kita punya. Ajaklah mereka untuk kembali ke jalan Allah Swt.

Muslimah, untuk membuat perubahan menuju kebaikan itu tidak mudah. Jalannya menanjak lagi sulit. Tetaplah bersemangat. Kuatkan azam dan selalu memohon pertolongan Allah Swt. Maka Insya Allah, pertolongan Allah Swt. akan segera datang kepada siapa saja yang berjuang dengan sungguh-sungguh menolong agama Allah Swt.

“ Wahai orang-orang yang beriman, Jika kamu menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” ( TQS Muhammad : 7 )

Saudariku muslimah, mari kita terus berupaya memperbaiki diri dengan meningkatkan ketaatan kepada Allah Swt. Menerapkan semua aturan Allah Swt. dalam setiap aktivitas sehari-hari dan tetap istiqomah untuk berdakwah di jalan-Nya. Semoga perubahan menuju kebaikan (Islam Kaffah) itu akan segera terwujud, dan kita terlibat di dalam barisan pejuangnya. Karena muslimah sholihah adalah muslimah the changemaker. In syaa Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *