Ramadhan Menanti, Buku “Ceria Ramadhan” Siap Menemani

Spread the love

Judul: Ceria Ramadhan di 5 Benua-25 Negara

Penulis: Wulan Mulya Pratiwi, dkk

Penerbit: Ziyad Books

Tahun terbit: 2018

Tebal buku: 304 halaman

Peresensi: Choirin Fitri

 

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta pertemukanlah kami dengan Ramadhan.” (HR. Ahmad dan Ath-Thabrani)

 

Seneng atau senep nih ketika Ramadhan akan tiba? Sebagai seorang muslim seneng itu harus dong. Apalagi Rasulullah dan para sahabat mencontohkan pada kita ketika Ramadhan tiba harus disambut suka cita. ?

 

Eits, ada tapinya bagi emak-emak. Ya, bukan hanya ditantang untuk memikirkan menu apa yang nikmat untuk berbuka dan sahur, namun  mereka juga harus menyiapkan putra-putrinya untuk berpuasa. Iyakan mak? ?

 

Kalau si anak sudah pernah puasa di tahun kemarin tidak terlalu jadi soal. Tantangannya jika tahun ini adalah tahun pertama Sang Emak harus mencari strategi jitu agar program Ramadhan buah hatinya berjalan mulus. ?

 

Tenak Mak! Buku kece *Ceria Ramadhan di 5 Benua-25 Negara* ini punya cerita anak dengan sudut pandang berbeda. Kita akan mengajak anak berkeliling dunia untuk melihat bagaimana puasa mereka dan tantangannya. ??

 

Buku ini tersaji dengan kisah yang apik bagaimana anak-anak di 5 benua berpuasa. Kalau mereka yang berada di negri-negri muslim semisal Indonesia, Malaysia, Arab Saudi, atau Uni Emirat Arab akan lebih mudah memperkenalkan Ramadhan dan menjalankannya. Yup, suasana Ramadhan terlihat berbeda di negri mayoritas muslim ini. Apalagi durasi puasa pun tak terlalu jadi soal. Cukup 13-15 jam saja perharinya. ?

 

Namun, akan sangat terasa berbeda jika anak-anak hidup di negri minoritas muslim. Bisa jadi mereka akan menjadi satu-satunya muslim di sekolah tempatnya tinggal. Atau hanya ada beberapa teman yang muslim saja. Jika orangtuanya hebat, tentu bisa menciptakan suasana Ramadhan yang menyenangkan ketika anak berada di rumah. Mereka pun bisa diajak menikmati suasana Ramadhan di masjid-masjid terdekat yang biasanya memiliki program Ramadhan yang istimewa. ?

 

Dikisahkan secara apik puasa anak-anak dari berbagai negri. Dan yang membuat wow adalah durasi puasa mereka.

Argentina misalanya memiliki durasi puasa yang pendek sekitar 9-10 jam. Sebaliknya, Belanda bisa melakukan puasa selama 20 jam per hari dan 23 jam per hari bagi Negara Finlandia. ?

 

Uniknya buku ini selain menceritkan kisah-kisah orangtua membiasakan anaknya berbuasa, kita akan diajak mengenal budaya Ramadhan dari 25 negara di dunia. Kuliner-kuliner spesial pun disuguhkan dengan gambar yang menggiurkan. Dijelaskan pula tips sukses menjalankan ibadah puasa di tiap negara. Asyikkan? ?

 

Meski kita belum pernah keluar dari negri mayoritas muslim ini, kita tak perlu khawatir. Buku ini memberikan sensasi keliling dunia dengan membaca. Bagi Emak buku ini sangat membantu untuk menyiapkan putra-putrinya menyambut Ramadhan. Baca yuk! ?

 

 

One thought on “Ramadhan Menanti, Buku “Ceria Ramadhan” Siap Menemani”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *