Ramadhan, Saatnya Bermuhasabah!

Spread the love

 

Oleh : Lilik Yani

Ramadhan merupakan momentum istimewa bagi setiap muslim. Karena di dalamnya terdapat keberkahan, rahmat, maghfirah, kebebasan dari api neraka dan terbukanya pintu surga selebar-lebarnya.

Momentum Ramadhan ini adalah bentuk kasih sayang Allah Swt. kepada hamba-Nya yang harus kita syukuri. Bentuk syukur kita adalah dengan mengoptimalkan momentum ini dengan ibadah yang sebaik-baiknya. Agar kita bisa mencapai derajat takwa.

Sekarang sudah masuk hari ke 15 Ramadhan. Apakah program Ramadhan yang kita rencanakan sudah dijalankan dengan maksimal. Atau masih banyak program yang terbengkalai. Padahal detik Ramadhan terus berjalan, tanpa mau menunggu kita menyelesaikan agenda.

Sebaiknya kita melakukan muhasabah setiap hari. Malam sebelum tidur kita evaluasi amalan kita. Masih adakah amal yang tidak baik yang masih kita lakukan? Apakah program ibadah Ramadhan yang kita rencanakan sudah diterapkan dengan baik?

Masih banyakkah amalan mubah yang kita lakukan? Ya, meskipun tidak berdosa jika kita mengerjakan amalan mubah, tapi kita akan rugi waktu dan tenaga. Karena tidak mendapatkan pahala darinya.

Kemudian adakah amalan baik yang bisa kita tambahkan supaya pahala kita semakin banyak? Jangan menunda, segera lakukan kebaikan!

Jika masih ada perbuatan jelek yang kita lakukan, maka segera istigfar mohon ampunan kepada Allah Swt. Dan berjanji tidak mengulanginya lagi.
Jika ada program Ramadhan yang belum dilaksanakan atau sudah dilaksanakan tetapi hasilnya belum memuaskan, maka kita perbaiki di hari besoknya. Jika masih banyak amalan mubah yang mengisi hari-hari kita, hendaknya kita kurangi amalan mubah itu dan diganti dengan amalan yang bisa menambah pundi-pundi pahala.

Muhasabah harian itu bisa kita lakukan setiap malam sebelum tidur, sekalian mengingatkan buat agenda hari berikutnya dan berniat sungguh-sungguh untuk bisa mengisi hari esok dengan amalan yang lebih maksimal. Jangan lupa untuk memperbanyak istigfar agar dosa-dosa kita diampuni Allah Swt. dan berdoa mohon pertolongan kepada Allah Swt. agar diberi kemudahan dalam menjalankan ibadah Ramadhan dengan hasil yang lebih baik.

Saudaraku, hari-hari Ramadhan akan terus berjalan. Kurang lebih masih ada 14 hari lagi. Jangan sampai kita biarkan Ramadhan berlalu tanpa ada karya terbaik yang kita perbuat. Agar tidak ada penyesalanĀ  dan agar kita tidak menjadi orang yang merugi.

Mari kita upayakan sebaik mungkin. Kita optimalkan segala daya dan upaya yang kita miliki untuk mengisi hari-hari Ramadhan ini dengan amal saleh yang bisa mengantar kita pada derajat takwa yang tertinggi.

“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah adalah orang yang paling takwa di antara kalian. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (TQS al Hujurat : 13).

Karena tujuan menjalankan ibadah Ramadhan adalah untuk meraih derajat takwa, maka sebagai upaya puncak, mari kita tingkatkan semangat dan kualitas ibadah di sisa-sisa Ramadhan kali ini. Di mana ada suatu malam istimewa yang fadilahnya lebih baik daripada 1000 bulan yaitu lailatul qadr.

Mari kita berlomba untuk bisa meraih lailatul qadr itu dengan menjalankan i’tikaf di masjid untuk memohon ampunan kepada Allah Swt. dan meningkatkan amalan-amalan yang sudah dijalankan di hari-hari sebelumnya. Semoga Allah Swt. meridai semua perjuangan kita dan kita berhasil meraih gelar sebagai hamba yang bertakwa. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.