RESENSI : Fikrul Islam (Bunga Rampai Pemikiran Islam)

Spread the love

Judul: Fikrul Islam (Bunga Rampai Pemikiran Islam)
Penulis: Muhammad Ismail
Tebal: 244 Halaman
Penerbit: Al-Azhar Press
Cetakan 1: Ramadhan 1432 H- Agustus 2011 M
ISBN: 979-3118-97-0
Peresensi: Imas S Ummu Aulia

Zaman ini, masih ada beberapa dari kaum muslim yang tidak suka, tidak peduli, bahkan menghadang perjuangan menegakan kalimat tauhid. Padahal sejatinya kalimat tauhid merupakan bukti keimanan baik dalam hidup dan matinya seorang muslim.

Pada saat ini, wajib bagi seorang muslim memiliki Al-Fikru al-Islam (Pemikiran Islam), yang jernih dan khas. Dengan pemikiran islam seseorang akan menghukumi fakta dengan perspektif islam. Fakta bisa dalam bentuk aktivitas hati (a’mal al-qalb), seperti Akidah; bisa dalam bentuk aktivitas fisik(a’mal al-jawarih), seperti hukum syara; dan bisa dalam bentuk benda (asyya) yang menjadi objek dari perbuatan fisik. Fakta-fakta ini dihukumi dengan perspektif islam. Outputnya di sebut dengan pemikiran islam.

Pembahasaan buku ini, begitu istimewa, selain mencakup keseluruhan hukum tentang fakta-fakta dan memberikan gambaran jelas mengenai hukum fakta tersebut. Buku ini mampu memberikan kerangka berpikir (mindframe). Kerangka yang sangat berguna bagi setiap muslim untuk berpikir, mengambil langkah dan tindakan.

Dan siapapun yang mengkaji buku ini harus sampai pada tingkat mengimani pemikiran yang harus diimani, hingga sampai pada ihtiar sunguh-sungguh untuk mendalami dan menerapakan nya dalam kehidupan. Hanya dengan cara itulah pemikiran islam akan mampu mengubah hidup kita   mengubah dunia hingga menjadi kejayaan yang gilang gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *