Lebaran Bawa Perubahan!

Spread the love

Oleh: Wulan Citra Dewi, S.Pd.
(Pemerhati Remaja dan Penulis Buku Sahabat Surga Hijrah Berislam Kaffah)

 

MuslimahTimes– Ramadan telah berlalu. Syawal pun menyembul bersama gema takbir yang bertalu-talu. Sedih dan bahagia berpadu dalam jiwa. Sedih berpisah dengan Ramadan, bahagia berjumpa dengan lebaran.

Sobat, demikianlah roda kehidupan ini berputar. Terus bergerak maju dan tidak pernah menunggu. Maka menjadi tanya pada diri, apa saja yang sudah dibuat sepanjang usia yang sudah terlewat?

Hal terdekat adalah Ramadan yang baru saja meninggalkan kita. Apa yang sudah kita ukir selama Ramadan? Adakah gelar takwa menjadi cita yang terwujud nyata?

Takwa ialah rasa takut. Takut kepada Allah Swt. Takut menyelisihi titah-Nya. Takut akan murka dan siksa-Nya. Inilah ketakwaan yang membawa pada perubahan besar pada setiap jiwa.

Bagaimana jika Ramadan telah terlewat sedangkan gelar takwa belum didapat? Allah Swt. Maha Pemurah, Sob! Selama diri masih bernafas maka selama itu pula masih ada kesempatan untuk kita. Maka jangan sia-siakan momen lebaran kali ini, ya! Pastikan momen lebaran menjadi kesempatan untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Yakni berubah menjadi hamba yang totalitas dalam menghamba. Kaffah mengimani dan mengamalkan apa saja yang difirmankan-Nya. Luruskan niat dalam setiap amalan semata hanya karena Allah Swt. Pastikan kebenaran tata cara dalam setiap beramal. Benar, sesuai dengan apa yang telah Rasulullah Saw. ajarkan.

Maka jadilah aktivitas belajar, menutup aurat, menjaga pandangan, menjaga pergaulan, hormat pada guru, berbakti pada orangtua, menyayangi teman dan lain-lain semata hanya karena Allah Swt. Jika sudah begini, gelar takwa bukan hanya sekedar mimpi. Bahkan berbagai prestasi akan mudah dijuarai. Kebahagiaan hakiki pasti dirasakan. Tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat. Yapz, karena pandangan orang yang bertakwa tidak mentok hanya di dunia. Tapi harus menembus alam fana sebagai destinasi akhir kita, Surga! Masya Allah!

Gimana, Sob? Siap bawa perubahan di momen lebaran ini? Aaasyiiaaap!

[Mnh]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *