5 Langkah Membuat Anak Gemar Membaca

Spread the love

Oleh: Fatimah Ummu Kautsar

Muslimahtimes.com – “The more you read, the more you know. The more you know, the smarter you grow. ” Dr. Seuss

Membaca adalah salah satu aktivitas dasar bagi manusia. Dengan membaca kita bisa banyak belajar, mendapatkan pengetahuan dan bisa lebih bijak bersikap dengan pengetahuan yang didapatkan. Sebagaimana perkataan dari Dr. Seuss di atas.

Mengapa Harus Gemar Membaca?

Iqro! Menjadi ayat pertama yang Allah turunkan kepada baginda Muhammad saw. Bacalah! Membaca Al-qur’an sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan, juga membaca kitab dan buku pengetahuan lainnya.

Kita sadari, ilmu pengetahuan terus menerus berkembang, banyak ilmu yang diajarkan di bangku sekolahan akhirnya tak terpakai dalam kehidupan. Oleh karena itu, kita harus menjadi manusia yang terus belajar. Dan membaca jadi aktivitas yang sangat penting bagi diri dan buah hati para calon pemimpin generasi.

Cara Agar Anak Gemar Membaca

Bukan hal mudah membuat anak gemar membaca. Karena tujuan kita bukan hanya sekadar melek huruf atau bisa membaca, tapi gemar. Maka kita harus menyediakan stimulus yang membuat anak gemar membaca. Akan lebih baik jika aktivitas ini dilakukan sejak dini.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menstimulasi anak agar gemar membaca, antara lain:

1. Mendekatkan diri dengan buku

Bagi anak usia dini yang senang bereksplorasi dengan benda apapun, orang tua bisa menyediakan buku sebagai salah satu benda yang dieksplorasi. Bisa buku bantal atau buku tebal yang tak mudah sobek. Pastikan buku tersebut aman bagi anak, tidak ada bagian tajam yang bisa melukainya. Orang tua juga tak perlu khawatir jika buku dijadikan mainan karena itu adalah salah satu cara anak mendekatkan diri dengan buku.

2. Menyediakan pojok buku

Pojok buku berarti menyediakan tumpukan buku di tempat tertentu yang mudah dijangkau oleh anak. Bisa jadi tumpukan buku ini di dalam lemari atau di tempat aman lainnya. Kehadiran pojok buku ini diharapkan bisa semakin mendekatkan anak pada buku, menjadikan anak memilih aktivitas bermain dengan buku, meminta dibacakan buku atau membaca buku secara mandiri untuk mengisi harinya.

3. Membiasakan membaca buku

Mulailah membacakan buku pada anak bahkan sejak bayi. Kegiatan bed time story bisa jadi aktivitas yang dilakukan secara rutin, minimal sekali sebelum anak tidur.

4. Menjadikan membaca aktivitas yang menyenangkan

Jadikan membaca buku aktivitas yang mengasyikan. Gunakan intonasi dan ekspresi kala membacakan buku. Jangan lupakan interaksi saat membacakan buku. Tanyakan pada anak warna dalam buku, gambarnya, atau menebak jalan ceritanya. Tak apa jika buku tak habis dibacakan, fokus kembali pada target menjadikan anak gemar membaca bukan menghabiskan buku.

5. Menjadi teladan dalam membaca

“Children see, children do. ”
Begitulah kata pepatah. Anak-anak gemar sekali meniru apa yang mereka indera. Jika orang tua ingin anaknya gemar membaca. Maka, jadilah teladan dalam gemar membaca. Biarkan anak melihat orang tuanya senang membaca buku, majalah, dan lainnya.

Masih banyak langkah yang bisa orang tua usahakan agar anak gemar membaca. Kita bisa mulai dari yang paling memungkinkan bisa kita lakukan. Tantangan pasti akan hadir, tapi jika motivasi sudah kuat dalam diri, insyaallah selalu ada jalan. Apalagi upaya yang kita lakukan dalam rangka menjaga amanah yang sudah Allah berikan. Amanah buah hati agar mereka menjadi anak-anak yang salih saliha, bermanfaat bagi diri dan manusia lainnya. Salah satu langkah yang harus mereka tapaki adalah menjadi manusia pembelajar yang gemar membaca.

Wallahua’lam bish shawab.