Musibah untuk Muhasabah

Spread the love

Oleh: Minah Mahabbah

MuslimahTimes.com – Musibah terus menghampiri Negeri kita. Banjir di kalimantan selatan dan gempa bumi di mamuju. Sungguh musibah demi musibah sering terjadi, banjir, tsunami, gunung meletus, dan gempa bumi yang terus terjadi. Akan tetapi, musibah yang datang hanya menimbulkan duka sementara kemudian setelah itu tidak berbekas apa-apa.

Banyak yang masih melakukan kemaksiatan, melakukan dosa. Penguasa dan wakil rakyat tetap menerapkan hukum-hukum kufur. Kaum Muslim secara umum masih merasa aman dengan berbagai kemaksiatan dan kezaliman yang ada.

Allah Subhanahu Wa Ta’aala berfirman yang artinya:

“Apakah kalian merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan menjungkirbalikkan bumi bersama kalian sehingga dengan tiba-tiba bumi itu berguncang? Ataukah kalian merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan mengirimkan badai yang berbatu? Kelak kalian akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku? Sesungguhnya orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (Rasul-rasul-Nya). Alangkah hebatnya kemurkaan-Ku.” (QS. al-Mulk:16-18)

Mari kita muhasabah di balik musibah ini, bisa jadi karena ulah tangan manusia atau kemaksiatan yang dilakukan sehingga Allah memberikan peringatan. Serta ujian bagi orang-orang beriman.

Jadikan musibah ini untuk muhasabah bagi diri kita untuk intropeksi diri. Mengingat-ingat kemaksiatan yang dilakukan dan memohon ampun kepada Allah serta bertaubat dengan bersungguh-sungguh tidak akan melakukan maksiat.

Musibah ini merupakan teguran dan peringatan dari Allah Subhanahu Wa Ta’aala kepada manusia untuk kembali kepada-Nya, bila melakukan kemaksiatan, maka hendaklah segera bertaubat. Banjir dan gempa juga merupakan ujian bagi orang yang beriman. Karenanya, Berpegang teguhlah kepada syariat Allah dan terus berupaya untuk tunduk dan taat kepada-Nya. Saling mengingatkan dalam kebaikan serta menerapkan hukum-hukum-Nya agar negeri ini mendapatkan berkah. Menerapkan Syariah Islam secara sempurna. Syariah Islam bisa terterapkan secara sempurna jika khilafah Islam tegak di muka bumi.

Yuk berjuang untuk melanjutkan kehidupan Islam dalam bingkai negara Khilafah sesuai manhaj kenabian.
Wallahu a’lam