Hari Santri di Masa Pandemi : Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Perlombaan Online    

Spread the love

Penulis : Winda Awaliya

 

#MuslimahTimes — Demak,  Hari Santri dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri, merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama. Pada Tahun ini Hari Santri diperingati ditengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, tema yang diangkat  pada peringatan Hari Santri Nasional 2020 yaitu “Santri Sehat, Indonesia Kuat”.

 

Untuk memeriahkan Hari Santri, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler dari Rumah ke-75 UIN Walisongo Semarang kelompok 35 mengadakan lomba santri online yang dilaksanakan  dirumah masing-masing para peserta. Lomba dikoordinir oleh Ana Nur Wahidah.

 

Selain itu, Ana Nur Wahidah mengatakan “ Tujuan diadakannya kegiatan lomba adalah sebagai ajang pengingat sekaligus bentuk Hormat kepada para ulama dan santri yang telah berjuang mempertahankan tanah air”.

 

Ketua KKN Kelompok 35 , Choirul Huda mengatakan, ada 2 cabang lomba yaitu adzan dan kaligrafi. Acara lomba ini ditujukan untuk umum. Pendaftaran dibuka tanggal 6–20 Oktober, penilaian tanggal 21 Oktober, dan pengumuman tanggal 22. Lomba Adzan diikuti  4 anak, dan lomba kaligrafi diikuti 6 anak. Perlombaan ini dilakukan melalui medsos yaitu Instagram atau Facebook posko 35.

 

Perlombaan ini dimenangkan oleh Zaenul Abidin untuk cabang adzan dan Janisa Zulfa Annahdliyah untuk kaligrafi yang diumumkan pada Kamis (22/20).

 

Salah satu pemenang Zaenul Abidin Mengatakan “Saya menjadi seorang Marbot (tukang adzan ) jadi, Saya ingin mencoba ikut lomba yang diadakan KKN UIN Walisongo posko 35.  Itupun lomba Adzan yang saya ikuti pertama kali, dengan motivasi untuk memeriahkan acara yang diadakan KKN UIN Walisongo posko 35’.

 

Momentum memperingati hari Santri hanya berlangsung setahun sekali. KKN UIN Walisongo posko 35 Membuat kegiatan lomba Harapannya meski sedang masa pandemi, tidak menurunkan semangat para Santri dalam mengabdi dan menebar manfaat. Semoga NKRI aman, damai dan Sejahtera .

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *