Homeschooling Mandiri AUD Berbasis Aqidah 

Spread the love

Judul buku: Homeschooling Mandiri AUD Berbasis Aqidah 

Penulis: Yanti Tanjung dan Tim Manajemen HSM AUD BAI
Penerbit: Sip Publishing
Tahun terbit: April 2021
Tebal buku: 476 halaman
Peresensi: Choirin Fitri

Muslimahtimes.com — Kenal dengan istilah homeschooling? Yup, benar. Sekolah di rumah. Sekolah yang diadakan di rumah dengan pendidik dipegang langsung oleh orang tua atau guru yang didatangkan spesial untuk anaknya.

Di abad 21 ini model pendidikan homeschooling banyak menjadi pilihan. Pasalnya, orang tua merasa kecewa dengan didikan hasil pendidikan formal di sekolah-sekolah yang ada atau memang orang tua sengaja mendidik sendiri anaknya karena merasa mampu.

Lalu bagaimana kurikulumnya?

Pertanyaan ini sering menjadi pertanyaan besar di benak orang tua yang notabene baru di dunia homeschooling. Nah, buku yang berjudul “Homeschooling Mandiri AUD Berbasis Aqidah Islam” ini mampu menjawabnya.

Buku ini membahas dunia anak usia dini dengan perspektif Islam yang mantap. Yakni, melalui pondasinya, Aqidah Islam. Maka, dalam buku ini setiap materi yang disampaikan akan diikatkan dengan aqidah Islam yang kuat.

Pembahasan pertama tentang bagaimana cara membangun aqidah Islam pada diri anak usia dini. Dilanjutkan dengan pendidikan berbasis orang tua. Lalu, tumbuh kembang anak usia dini, tujuan pendidikan dalam Islam, stimulasi aqliyah, stimulasi nafsiyah, metode pembelajaran, sampai kurikulum homeschooling berbasis aqidah Islam.

Nah, menariknya buku ini tidak hanya dari sisi teori yang mudah dipahami. Tapi, ada langkah-langkah praktis di bagian separuh buku akhir. Tepatnya bagian silabus dan lembar kerja harian. Dalam bagian ini kita sebagai orang tua yang awam terkait homeschooling dan penerapannya akan dibimbing langsung bagaimana step by step mendidik buah hati sendiri.

Boleh dibilang buku ini bisa menjadi pegangan wajib orang tua yang ingin mendidik anaknya dengan basis aqidah Islam. Andai pun diterapkan untuk anak usia SD, buku ini masih relevan. Karena, jarang ada pembahasan yang diikatkan dengan aqidah Islam yang sempurna anak terima di sekolah.

Maka, rugi rasanya jika orang tua tidak memiliki buku inspiratif ini. Baca yuk!