Masuk Neraka Itu Berat Gaes!

Spread the love

Oleh: Choirin Fitri (Pemerhati Remaja)

#MuslimahTimes — Baru-baru ini negeri +62 digemparkan dengan pernyataan seorang public figure. Ia bersedia masuk neraka. Alasannya karena dia bisa berjumpa dengan artis luar negeri dan berpesta di sana.

Astaghfirullah. Hanya kepada Allah kita mohon ampunan atas segala ucapan dan tindak tanduk. Nyatanya, Si Artis dalam siarannya tampak bangga dan tertawa-tawa ketika menyatakan siap masuk neraka.

Gaes, sungguh tak pantas keluar dari lisan seorang muslim ingin dimasukkan neraka. Karena, meski kita tidak minta masuk neraka, nyatanya dalam Al Qur’an dikabarkan bahwa manusia akan mencicipi neraka. Allah Ta’ala, berfirman:

وَإِنْ مِّنْكُمْ إِلَّا وَارِدُهَا  ۚ كَانَ عَلٰى رَبِّكَ حَتْمًا مَّقْضِيًّا

“Dan tidak ada seorang pun di antara kamu yang tidak mendatanginya (neraka). Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu ketentuan yang sudah ditetapkan.” (QS. Maryam 19: Ayat 71)

Sungguh, kita pantas berlindung pada Allah agar tidak dimasukkan dalam neraka terlalu lama. Karena, kita tidak akan mungkin sanggup menahan pedihnya siksa neraka. Allah pun berjanji akan menyelamatkan mereka yang bertakwa.

ثُمَّ نُنَجِّى الَّذِينَ اتَّقَوا وَّنَذَرُ الظّٰلِمِينَ فِيهَا جِثِيًّا

“Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam (neraka) dalam keadaan berlutut.” (QS. Maryam 19: Ayat 72)

Imam as-Sa’di mengatakan bahwa ayat ini diarahkan kepada seluruh makhluk. Yang baik maupun yang jahat. Mukmin maupun kafir, bahwa mereka semua pasti akan menghampiri neraka. Sebagai bentuk ketetapan dari Allah dan ancaman bagi para hamba-Nya. Dan itu pasti terjadi, tidak bisa dielakkan.

Al Qur’an telah memberikan gambaran kepada kita tentang betapa dahsyatnya siksaan di neraka. Ada banyak ayat yang menggambarkannya, diantaranya:

  1. Neraka dijaga oleh malaikat yang keras dan kasar

“Penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia Perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (TQS. At-Tahrim 6).

  1. Minumannya seperti tembaga mendidih atau nanah

“Sungguh pohon zaqqm itu, makanan bagi orang yang banyak dosa. Seperti cairan tembaga yang mendidih di dalam perut. Seperti mendidihnya air yang sangat panas” (TQS. Ad-Dukhon 43-46).

Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu menuturkan sabda Nabi :

“Seandainya setetes zaqqum diteteskan di negeri dunia, niscaya ia akan merusak penghidupan penduduk dunia ; lalu bagaimana halnya dengan orang yang makanannya adalah zaqqum?!” (HR. At Tirmidzi 4/107).

“..dan dia akan diberi minuman dengan air nanah, diminumnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya..”

(TQS. Ibrahim : 16-17).

  1. Makanannya adalah duri

“Mereka tidak memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri.” (TQS. Al Ghasyiyah : 6)

  1. Siksaannya amat pedih dan tak bisa dihindari

Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Kami, kelak Kami akan masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain (baru), supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (TQS. an-Nisa’: 56)

“Orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu, dihancurkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit mereka.” (TQS. al-Hajj: 19-20)

“Dan kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (dengan menyeret mereka) pada wajah dalam keadaan buta, bisu, dan tuli. Tempat kediaman mereka adalah neraka jahanam. Tiap kali nyala api jahanam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka nyalanya.” (QS. al-Isra’: 97)

Sungguh, mengerikan bukan ayat-ayat ini? Sehingga, apa yang dikatakan oleh Si Artis, “Gue bakal happy di neraka”, itu takkan terjadi.

So, jangan sampai deh kita menantang Allah dengan siap tinggal di Neraka. Mending kita siapkan bekal sebaik mungkin dengan memaksimalkan perbuatan yang diridhai Allah agar kita masuk surga. Di surgalah tempat kembali terbaik bagi kita sebagai seorang muslim.

Allah berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Rabb mereka ialah surga ‘adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Rabbnya.”(TQS. Al Bayyinah: 6-8).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *